Pertama-tama
kita buat dulu design program timer sepert ini :
Pada program
ini di butuhkan beberapa komponen , dan komponen yang kita pakai diantaranya
adalah :
- Timer : Timer berfungsi sebagai jam atau perhitungan waktu .
- Shape : Untuk menampilkan bentuk-bentuk seperti lingkaran, segiempat, dll .
- Panel :sebuah kontainer yang dapat digunakan untuk membuat status bar, toolbar, dan tool palette.
- Button :Komponen yang dipakai untuk membuat button.
Setelah kita buat design nya kita bisa melakukan atau membuat program sesuai perintah kita, kali ini kita buat program
timer dengan membuat lingkaran berjalan ke kiri dan kekanan terlebih dahulu.
- Untuk program yang akan berjalan bergerak ke kiri – kanan:
kita ketikan kode program seperti ini
:
procedure
TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
shape2.Left
:= shape2.Left +1;
if
(shape2.Left >= 144) then
begin
timer1.Enabled
:= false;
timer2.Enabled
:= true;
shape2.Shape
:= stCircle;
shape2.Left
:= shape2.Left +1;
end;
end;
procedure
TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
timer1.Enabled
:= true;
timer2.Enabled
:= false;
end;
pada potongan program diatas yaitu
pertama pada kondisi shape lingkaran karena kita pilih shape2.Shape := stCircle; dan pada saat program di jalankan maka
lingkaran akan berjalan dari kiri ke arah kanan karena kita buat kodingan shape2.Left := shape2.Left +1; lingkaran
bergerak ke kanan karena kita beri +1 . if
(shape2.Left >= 144) then kode program ini yaitu posisi awal lingkaran
berada yaitu di 144. dan juga timer nya kita ganti true .
procedure
TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
timer1.Enabled
:= false;
end;
procedure
TForm1.Timer2Timer(Sender: TObject);
begin
shape2.Left
:= shape2.Left -1;
if
(shape2.Left = 0) then
begin
timer1.Enabled
:= true;
timer2.Enabled
:= false;
shape2.Shape
:= stRectangle;
shape2.Left
:= shape2.Left -1;
end;
end;
end.
pada potongan program diatas yaitu
pertama kondisi shape segiempat karena kita pilih shape2.Shape := stRectangle; berbeda dengan potongan program diatas
kali ini shape berjalan dari arah kanan yaitu kembali ke keadaan semula karena
kita buat kodingan shape2.Left :=
shape2.Left -1; lingkaran bergerak dari kanan karena kita beri -1 . dan juga timer nya kita ganti true .
Jika kedua potongan program diatas
dibuat dan disatukan maka program yang akan berjalan yaitu program lingkaran
akan berjalan dari kiri ke kanan dan ketika mencapai titik akhir shape berubah
menjadi segiempat dan kembali ke arah semula yaitu bergerak dari kanan ke kiri
.
seperti gambar berikut :
- Untuk program yang akan berjalan bergerak ke atas – bawah:
kita ketikan kode program seperti ini
:
procedure TForm1.Button1Click(Sender:
TObject);
begin
timer3.Enabled := true;
timer4.Enabled := false;
end;
procedure TForm1.Button2Click(Sender:
TObject);
begin
timer3.Enabled := false;
end;
procedure TForm1.Timer3Timer(Sender:
TObject);
begin
shape2.Top := shape2.Top +1;
if (shape2.Top >= 112) then
begin
timer3.Enabled := false;
timer4.Enabled := true;
shape2.Shape := stCircle;
shape2.Top := shape2.Top +1;
end;
end;
pada potongan program diatas yaitu
pertama pada kondisi shape lingkaran karena kita pilih shape2.Shape := stCircle; dan pada saat program di jalankan maka
lingkaran akan berjalan dari atas kebawah karena kita buat kodingan shape2.Top := shape2.Top +1;
lingkaran bergerak
dari atas kebawah karena kita beri +1 .
if (shape2.Top >= 112)
then kode program ini
yaitu posisi awal lingkaran berada yaitu di 122. dan juga timer nya kita ganti true
.
procedure TForm1.Timer4Timer(Sender:
TObject);
begin
shape2.Top := shape2.Top -1;
if (shape2.Top = 0) then
begin
timer3.Enabled := true;
timer4.Enabled := false;
shape2.Shape := stRectangle;
shape2.Top := shape2.Top -1;
end;
end;
end.
pada potongan program diatas yaitu
pertama kondisi shape segiempat karena kita pilih shape2.Shape := stRectangle; berbeda dengan potongan program tadi,
kali ini shape berjalan dari bawah keatas yaitu kembali ke keadaan semula
karena kita buat kodingan shape2.Top
:= shape2.Top -1; lingkaran
bergerak dari kanan karena kita beri -1
. dan juga timer nya kita ganti true
.
Jika kedua potongan program diatas
dibuat dan disatukan maka program yang akan berjalan yaitu program lingkaran
akan berjalan dari atas kebawah dan ketika mencapai titik akhir shape berubah
menjadi segiempat dan kembali ke arah semula yaitu bergerak dari bawah keatas .
seperti gambar berikut :
selesai !!!
yuk coba keberuntunganya di BOLAVITA
BalasHapusagent tercepat dan terpercaya🤩
untuk pecinta judi online yuk buruian join sama kita
ada banyak games yang bisa kalian mainkan di sini
depo hanya rb 50 dan jadilah jutawan bosku😱
WA: +628122222995