Selasa, 30 Juni 2015

Komputer dan Masyarakat

Definisi : Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. 
Berbagai aktivitas kehidupan manusia dengan menggunakan komputer : 
  1. Perbankan  
  2. Rumah Sakit  
  3. Rekreasi 
  4. Perdagangan  
  5. Pendidikan  
  6. Hankam 
  7. Industri  
  8. Seni  
  9. Komunikasi 
  10. Transportasi
  11. Penelitian   


Bidang Perbankan

  • Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit) 
  • Penyimpanan data 
  • Pemrosesan transaksi secara on-line 
  • Pembayaran tagihan secara on-line 

Bidang Perdagangan 

  • Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak. 
  • Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock). 
  • Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain 
  • Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik

Bidang Industri 

  • CAM – Computer Aided Manufacturing untuk meningkatkan produktivitas 
  • CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll
  • Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh. 

Bidang Kedokteran 

  • Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.  
  • CAT – Computer Axial Tomography untuk menghasilkan gambar sinar-X bergerak.
  • Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus. 
  • Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS 
  • Mengelolaan persediaan obat-obatan. 

Bidang Pendidikan 

  • CBE – Computer Based Education sebagai alat pembelajaran. 
  • CAI – Computer Assisted Instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran.
  • Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.  

Bidang Seni 

  • SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano. 
  • Untuk proses penciptaan lagu.
  • Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect.

 Bidang Penelitian Science 

  • Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data.
  • Penelitian ruang angkasa 
  • Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan. 

Bidang Rekreasi 

  • Sumber alat rekreasi seperti games on-line.
  • Roller Coaster yang dikendalikan oleh komputer

 Bidang Hankam 

  • Kapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat.
  • Untuk simulasi perang atau terbang

Bidang Komunikasi 

  • Telekomunikasi yaitu teleconference. 
  • E-mail, voice mail dll
  • Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet. 

Isyu Sosial 

Dampak Positif 

  1. Komunikasi yang lebih baik.
  2. Transportasi data yang cepat & aman.
  3. Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat. 
  4. Efisiensi tenaga kerja 


Dampak Negatif 

  1. Manusia tergantung dengan komputer. 
  2. Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti.
  3. Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.



Masyarakat informasi lahir pada tahun 1956 yang merupakan fenomena dimana terdapat jumlah pekerja ahli dibidang tehnik, manajemen dan administratif melampaui jumlah buruh. 

Masyarakat baru itu muncul karena : 
  1. Sektor ekonomi, berubah dari bentuk ekonomi yang menghasilkan barang ke ekonomi pelayanan jasa.
  2. Distribusi pekerjaan, munculnya kelas professional dan kelas teknis.
  3. Ilmu pengetahuan merupakan sumber utama dan mempengaruhi pola kebijaksanaan dalam masyarakat.
  4. Orientasi masa depan, pengendalian dan penghargaan yang lebih besar terhadap teknologi.
  5. Pengambilan keputusan, akan berbasis pada teknologi yang canggih.


Sejak saat itu mulailah perkembangan didunia informasi, yang jika masyarakat industri dahulu mengutamakan modal sedangkan masyarakat informasi lebih mengutamakan keahlian. 

Contoh : perusahaan IBM, AT&T, Intel, Motorola dan lain sebagainya yang memiliki tenaga ahli dalam jumlah yang besar, kemajuan usaha mereka sangat ditentukan oleh penemuan-penemuan baru dalam ilmu pengetahuan. 

Ciri masyarakat informasi ditunjukkan dengan makin tersedianya computer bagi masyarakat, ketergantungan yang semakin besar terhadap jaringan komunikasi yang menghubungkan perumahan, kantor dan pusat-pusat data dan membesarnya pengaruh dari elektronika mikro dalam kehidupan masyarakat. 

Aplikasi-aplikasi yang ada dimasyarakat : 

1.  Surat elektronik 
Pengiriman surat melalui jaringan computer 
Contohnya Email 

2.  Konferensi jarak jauh 
Salah satu bentuknya adalah pengiriman pesan kebanyak peserta konferensi sekaligus, yang beroperasi pada jaringan komunikasi data paket. 
Konferensi jarak jauh merupakan evolusi dari system surat elektronik, dimana adanya keinginan untuk menyampaikan pesan ke beberapa penerima sekaligus. Keinginan untuk tidak hanya mendengarkan suara tapi juga citra visual yang ditampilkan merupakan kemajuan dari konferensi jarak jauh. 

Electronic Information Exchange System (EIES), dikembangkan untuk menemukan hal-hal yang dianggap penting dalamkonferensi computer jarak jauh. Perkembangan terakhirnya adalah 
Video Conference, suatu bentuk konferensi jarak jauh dengan kemampuan untuk menampilkan gambar atau citra pembicara. 
Kelebihan yang bisa diperoleh jika menggunakan Video Conference adalah mengurangi biaya perjalanan, meningkatkan kemampuan koordinasi sehingga dapat meningkatkan persaingan dipasaran. 

 3.  Video text 
Pemakai dapat melakukan transaksi ekonomi dengan menggunakan suatu perangkat khusus yng terdiri dari televisi dan keyboard untuk melakukan jenis-jenis kegiatan sebagai berikut : 
  • Penganbilan kembali informasi, seperti data base, surat kabar elektronik hiburan, olahraga, pelayanan kesehatan dan masyarakat. 
  • Transaksi 
  • Penyampaian pesan 
  • Monitoring jarak jauh 
  • Komputasi sebagai terminal computer 
  • Bekerja dirumah bentuk pekerjaan yang bisa dilakukan dengan bersosialisasi dapat dilakukan dari rumah seperti agen perumahan agen perjalanan, tenaga pengolah data dan lain sebagainya 
  • Pendidikan dirumah, dengan alat ini yang memungkinkan kita berinteraksi langsung dengan pendidikan tanpa memperhatikan perbedaan jarak dan ruang waktu lagi 


Tiga jenis pelayanan informasi utama yaitu : 

  1. Pengambilan informasi dari database, database yang menampung berbagai macam informasi, pemakai harus menghubungkan diri dengan database yang dipilih, menyiapkan pertanyaan yang diperlukan dan bertanya ke database.
  2. Teletext, sistem yang menyediakan arus informasi yang continue yang dapat diperoleh melalui kanal televisi.
  3. Videotext, bentuk komunikasi informasi dua arah. Jalur telephone digunakan untuk menghubungkan pemakai dan komputer pelayan jasa. Bentuk informasi yang dikirimkan dapat berupa gambar atau text biasa.


Masalah yang akan dihadapi masyarakat dengan adanya masyarakat informasi : 

  1. Struktur masyarakat, bergesernya arti sosialisasi diantara masyarakat.
  2. Proses pengambilan keputusan, keputusan yang akan diambil apakah berdasarkan kepentingan bersama atau kepentingan kaum tertentu saja.
  3. Pilihan yang baru, tidak nyata atau semakin kabur pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kita atau mengikuti perkembangan yang ada tanpa mengetahui bermanfaat untuk kita atau tidak.
  4. Kesenjangan sosial akan tercipta semakin tajam.
  5. Struktur ekonomi, apakah produk yang ada sudah memenuhi keinginan konsumen atau sebaliknya.
  6. Pelayanan keuangan, semakain bergesernya nilai uang kontan.


Pandangan kedepan terhadap masyarakat informasi : 
  1. Pengikisan terhadap kepentingan nasional 
  2. Terhentinya arus informasi
  3. Meningkatnya pengangguran
  4. Masalah kawasan industri
  5. Reorganisasi ekonomi
  6. Ancaman terhadap kebudayaan nasional


1 komentar:

  1. yuk coba keberuntunganya di BOLAVITA
    agent tercepat dan terpercaya🤩
    untuk pecinta judi online yuk buruian join sama kita
    ada banyak games yang bisa kalian mainkan di sini
    depo hanya rb 50 dan jadilah jutawan bosku😱
    WA: +628122222995

    BalasHapus