Jumat, 12 Juni 2015

Program Timer pada Delphi

Pertama-tama kita buat dulu design program timer sepert ini :


Pada program ini di butuhkan beberapa komponen , dan komponen yang kita pakai diantaranya adalah :
  • Timer                          : Timer berfungsi sebagai jam atau perhitungan waktu .
  • Shape                         : Untuk menampilkan bentuk-bentuk seperti lingkaran, segiempat, dll .
  • Panel                          :sebuah kontainer yang dapat digunakan untuk membuat status bar, toolbar, dan tool palette.
  •  Button                         :Komponen yang dipakai untuk membuat button.


Setelah kita buat design nya kita bisa melakukan atau membuat program sesuai perintah kita, kali ini kita buat program timer dengan membuat lingkaran berjalan ke kiri dan kekanan terlebih dahulu.


  •  Untuk program yang akan berjalan bergerak ke kiri – kanan:

kita ketikan kode program seperti ini :

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
shape2.Left := shape2.Left +1;
if (shape2.Left >= 144) then
begin
timer1.Enabled := false;
timer2.Enabled := true;
shape2.Shape := stCircle;
shape2.Left := shape2.Left +1;
end;
end;

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
timer1.Enabled := true;
timer2.Enabled := false;
end;

pada potongan program diatas yaitu pertama pada kondisi shape lingkaran karena kita pilih shape2.Shape := stCircle; dan pada saat program di jalankan maka lingkaran akan berjalan dari kiri ke arah kanan karena kita buat kodingan shape2.Left := shape2.Left +1; lingkaran bergerak ke kanan karena kita beri +1 . if (shape2.Left >= 144) then kode program ini yaitu posisi awal lingkaran berada yaitu di 144. dan juga timer nya kita ganti true .

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
timer1.Enabled := false;
end;

procedure TForm1.Timer2Timer(Sender: TObject);
begin
shape2.Left := shape2.Left -1;
if (shape2.Left = 0) then
begin
timer1.Enabled := true;
timer2.Enabled := false;
shape2.Shape := stRectangle;
shape2.Left := shape2.Left -1;
end;
end;
end.

pada potongan program diatas yaitu pertama kondisi shape segiempat karena kita pilih shape2.Shape := stRectangle; berbeda dengan potongan program diatas kali ini shape berjalan dari arah kanan yaitu kembali ke keadaan semula karena kita buat kodingan shape2.Left := shape2.Left -1; lingkaran bergerak dari kanan karena kita beri -1 . dan juga timer nya kita ganti true .

Jika kedua potongan program diatas dibuat dan disatukan maka program yang akan berjalan yaitu program lingkaran akan berjalan dari kiri ke kanan dan ketika mencapai titik akhir shape berubah menjadi segiempat dan kembali ke arah semula yaitu bergerak dari kanan ke kiri .

seperti gambar berikut :

  • Untuk program yang akan berjalan bergerak ke atas – bawah:

kita ketikan kode program seperti ini :

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
timer3.Enabled := true;
timer4.Enabled := false;
end;               

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
timer3.Enabled := false;
end;
procedure TForm1.Timer3Timer(Sender: TObject);
begin
shape2.Top := shape2.Top +1;
if (shape2.Top >= 112) then
begin
timer3.Enabled := false;
timer4.Enabled := true;
shape2.Shape := stCircle;
shape2.Top := shape2.Top +1;
end;
end;

pada potongan program diatas yaitu pertama pada kondisi shape lingkaran karena kita pilih shape2.Shape := stCircle; dan pada saat program di jalankan maka lingkaran akan berjalan dari atas kebawah karena kita buat kodingan shape2.Top := shape2.Top +1; lingkaran bergerak dari atas kebawah karena kita beri +1 . if (shape2.Top >= 112) then kode program ini yaitu posisi awal lingkaran berada yaitu di 122. dan juga timer nya kita ganti true .

procedure TForm1.Timer4Timer(Sender: TObject);
begin
shape2.Top := shape2.Top -1;
if (shape2.Top = 0) then
begin
timer3.Enabled := true;
timer4.Enabled := false;
shape2.Shape := stRectangle;
shape2.Top := shape2.Top -1;
end;
end;
end.

pada potongan program diatas yaitu pertama kondisi shape segiempat karena kita pilih shape2.Shape := stRectangle; berbeda dengan potongan program tadi, kali ini shape berjalan dari bawah keatas yaitu kembali ke keadaan semula karena kita buat kodingan shape2.Top := shape2.Top -1; lingkaran bergerak dari kanan karena kita beri -1 . dan juga timer nya kita ganti true .


Jika kedua potongan program diatas dibuat dan disatukan maka program yang akan berjalan yaitu program lingkaran akan berjalan dari atas kebawah dan ketika mencapai titik akhir shape berubah menjadi segiempat dan kembali ke arah semula yaitu bergerak dari bawah keatas .

seperti gambar berikut :



selesai !!!

1 komentar:

  1. yuk coba keberuntunganya di BOLAVITA
    agent tercepat dan terpercaya🤩
    untuk pecinta judi online yuk buruian join sama kita
    ada banyak games yang bisa kalian mainkan di sini
    depo hanya rb 50 dan jadilah jutawan bosku😱
    WA: +628122222995

    BalasHapus