Kamis, 18 Juni 2015

Animasi Game Sederhana pada Delphi

ANIMASI GAME SEDERHANA

game kali ini yang akan kita buat yaitu adalah sebuah game sederhana yaitu mengumpulkan skor sebanyak  mungkin dari waktu yang ditentukan yatu mengumpulkan telur yang jatuh secara acak dan kita kumpulkan dengan menggunakan kotak sebagai penampung.

LISTING PROGRAM 


Untuk Form :




Untuk Panel Move :






Untuk Timer Telur :



Untuk Timer Waktu :





Untuk Button :




LOGIKA PROGRAM 


Pertama-tama kita buat dulu design program animasi game sederhana yang akan kita buat sepert ini :



Pada program ini di butuhkan beberapa komponen dan gambar yang kita buat terlebih dahulu seperti gambar diatas , dan komponen yang kita pakai diantaranya adalah :


  1. Timer : Timer berfungsi sebagai jam atau perhitungan waktu .
  2. Panel :sebuah kontainer yang dapat digunakan untuk membuat status bar, toolbar, dan tool palette.
  3. Button : Komponen yang dipakai untuk membuat button dan untuk memulai program.
  4. Label : untuk tampilan perhitungan serta skor yang didapat .


Untuk gambar telur dan kotak kita buat buat telebih dahulu gambar nya seperti diatas dan untuk memasukannya/insert ke Delphi yaitu dengan cara:


  • Pilih properties image di menu  additional,
  • kemudian pilih image,
  • di properties picture masukin fotonya.


Setelah kita buat design nya kita lanjutkan dengan merubah beberapa properties pada komponen yang kita masukan, rubah properties nya seperti ini :




  • Note : name pada timer 1 & 2 adalah waktuTimer & telurTimer


Setelah kita settting properties lalu buatlah kodingan nya pada setiap komponen, pertama kita buat kode program di Form Delphi bukan pada komponen timer, button, panel, ataupun label:


  • Form Delphi

Var
Form1:TForm1;
Overlay:TRect;


  • Panel Move :

Kode program yang akan kita masukan pada komponen panel yaitu pada properties event  klik dua kali on mouse move dan akan keluar kodingan lalu ketikan kodingannya.



procedure TForm1.Panel1MouseMove(Sender: TObject; Shift: TShiftState; X,
  Y: Integer);
begin
kotak.Left:= X-kotak.Width div 2;
panel1.Cursor:=crNone;
end;

kode program ini yaitu untuk melakukan gerakan pada kotak dengan menggunakan mouse yaitu gerakan ke kiri dan ke kanan yaitu untuk mengambil bola yang jatuh dari atas nantinya pada saat program berjalan .


  • Timer Telur :

procedure TForm1.telurTimeTimer(Sender: TObject);
begin
Telur.Visible := true;
telur.Top:=telur.Top +15;
if telur.top>panel1.Height then
begin
telur.Top:=0;
telur.Left:=random(panel1.Width);
end;
if intersectRect(Overlay, telur.BoundsRect, kotak.BoundsRect)then
begin
telur.Visible:= false;
telur.Top:=0;
telur.Left:=random(panel1.Width);
lbl0.Tag:=lbl0.tag +1;
lbl0.Caption:=inttostr(lbl0.Tag);
end;

end.

Kode program ini akan melakukan perintah yaitu menggerakan telur jatuh dari posisi awal yaitu diatas/TOP karena kita ketikan telur.Top dan akan muncul secara acak/random karena kita ketikan telur.Left:=random(panel1.Width); kemudian lbl0.Tag:=lbl0.tag +1; yaitu untuk perhitungan skor, skor akan bertambah 1 ketika kita berhasil menangkap bola yang jatuh nantinya, karena kita ketikan +1 pada kode program diatas. telur akan terus berjatuhan sampai waktu yang telah kita atur pada Timer Waktu habis.


  • Untuk Timer Waktu :

procedure Tform1.waktuTimerTimer(Sender: TObject);
begin
lbl60.Tag := lbl60.Tag -1;
lbl60.Caption := inttostr(lbl60.Tag);
if lbl60.Tag = 0 then
begin
btnmain.Enabled := true;
waktutimer.Enabled := false;
panel1.Enabled := false;
telurtimer.Enabled := false;
kotak.Visible := false;
telur.Visible := false;
panel1.Caption := 'Klik Main Lagi, jika ingin main lagi;
end;

end;

kode program ini akan melakukan perintah yaitu melakukan perhitungan waktu yang akan berjalan dari 60, waktu akan terus berkurang 1 sampai 0 karena kita ketikan kode program lbl60.Tag := lbl60.Tag -1; dan waktu akan berkurang dari mulai angka 60 karena kita perhitungan awalnya yaitu dari angka 60. Kemudian ketika perhitungan waktu habis yaitu mencapai 0 maka akan keluar tulisan “Klik Main Lagi, jika ingin main lagi “ karena pada program diatas kita ketikan panel1.Caption := 'Klik Main Lagi, jika ingin main lagi;


  • Untuk Button :

procedure TForm1.btnMainClick(Sender: TObject);
begin
btnMain.Font.Size := 12;
btnMain.Caption := 'Main Lagi?';
btnMain.Enabled := false;
panel1.Enabled := true;
telurTimer.Enabled := true;
waktuTimer.Enabled := true;
Kotak.Visible := true;
Telur.Visible := true;
panel1.Caption := '';
Telur.Top := 0;
lbl60.Caption := '60';
lbl60.Tag := 60;
lbl0.Caption := '0';
lbl0.Tag := 0;
end;

end.

Kode program ini yaitu untuk menjalankan program ketika kita run program yang telah kita buat lalu klik button “MAIN!!” maka program akan berjalan dan game akan berjalan sesuai dengan perintah yang kita buat.

OUTPUT PROGRAM :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar