Minggu, 03 Mei 2015

Program Windows Media Player pada Visual Basic

Pada pertemuan ini kita membuat program memutar file media windows media player  di visual basic. Saya akan jelaskan cara membuat program tersebut .


Pertama-tama kita buat terlebih dahulu desain programnya seperti pada gambar dibawah ini



berikut langkah untuk membuat desain seperti gambar diatas :



Pertama tambahkan komponen Microsoft Common Dialog Control 6 dan Windows Media Player kedalam toolbox. Dengan cara tekan ctrl T menuju properties dan pilih atau cklis komponen Microsoft Common Dialog Control 6 dan Windows Media Player lalu klik OK.

 



Selanjutnya, tambahkan komponen command button dan rubah captionnya di menu properties menjadi “ Open File  “ tampak desainnya seperti gambar .

Kemudian buat kode programnya/kodingan dengan mengklik dua kali command button open file lalu ketikan program dibawah ini:

Private Sub Command1_Click()

With CommonDialog1

.DialogTitle = "Open Video"

.ShowOpen

End With




Maksud kode program diatas yaitu melakukan perintah membuka file, pada saat di run dan button open file di klik akan membuka windows dan memilih file media. Saat programnya dijalankan akan tampak seperti ini:



Tetapi program belum bisa membuka file media. Untuk bisa membuka file media kita tambahkan perintah seperti ini:

WindowsMediaPlayer1.URL = CommonDialog1.FileName



Maka tampilan saat program dijalankan seperti ini:



Tambahkan komponen List kedalam design program. Untuk memilih format yang hanya bisa dibuka misalnya format wmv saja bisa tambahkan codingan berikut kedalam program.

With CommonDialog1
.DialogTitle = "Open Video"
.Filter = "WMV File (*.wmv)|*.wmv"
.ShowOpen
WindowsMediaPlayer1.URL = CommonDialog1.FileName
 

.Filter = "WMV File (*.wmv)|*.wmv" Perintah berikut maksudnya untuk menambahkan pilihan format apa saja yang akan ditampilkan pada windows Open Video tadi karena dalam kode program diatas formatnya wmv maka file yang terbuka hanya file wmv saja. Tampilannya seperti ini:


Untuk menampilkan nama video yang kita play di dalam list kita tambahkan program menjadi seperti ini:


With CommonDialog1
.DialogTitle = "Open Video"
.Filter = "WMV File (*.wmv)|*.wmv"
.ShowOpen
aFile = .FileName
WindowsMediaPlayer1.URL = CommonDialog1.FileName
With List1
.AddItem aFile
End With



Kode program diatas yaitu untuk menampilkan video apa yang kita play di dalam list sehingga kita tidak perlu membuka file lagi jika kita ingin play video tersebut dan hanya dengan klik nama video yang tertera dalam list dan akan otomatis berjalan. Seperti gambar berikut :

 
Pada List 1 kita klik dua kali dan tuliskan kodingan berikut:
Private Sub List1_Click()
WindowsMediaPlayer1.URL = List1
End Sub
 
WindowsMediaPlayer1.URL = List1 Kodingan diatas bertujuan untuk ketika file sudah masuk kedalam List 1 kita tidak perlu membukan file media lewat Open File lagi. Kita hanya perlu mengklik dua kali pada judul yang ada pada List 1.

Kemudian tambahkan komponen Command Button kedalam form 1 dan rename captionnya menjadi “Delete”. Kita akan membuat tombol yang ketika di klik bisa menghapus playlist. caranya tambahkan kodingan berikut ini pada command button untuk menghapus file yang kita pilih:
Private Sub Command2_Click()
If a = ItemData then
List1.RemoveItem (List1.ListIndex)
End If
End Sub
 
List1.RemoveItem (List1.ListIndex) kode program ini akan melakukan perintah untuk menghapus item pada list jadi ketika kita klik button delete maka item di list akan terhapus karena kita masukan potongan program diatas yaitu RemoveItem.




Kemudian tambah lagi beberapa Command Button untuk membuat tombol “Play”, “Stop”, “Pause”, “Resume” dan untuk mengatur volume (+, -, mute) juga tambahkan Label untuk title “Volume”. Buat designnya seperti ini, disamping kotak List 1.

 
Ketika sudah jadi desainnya, kemudian tuliskan kodingan berikut kedalam masing-masing command button:
Private Sub Command3_Click()
WindowsMediaPlayer1.URL = CommonDialog1.FileName
End Sub

Private Sub Command4_Click()
WindowsMediaPlayer1.Controls.play
End Sub

Private Sub Command5_Click()
WindowsMediaPlayer1.Controls.stop
End Sub

Private Sub Command6_Click()
WindowsMediaPlayer1.Controls.pause
End Sub

Private Sub Command7_Click()
WindowsMediaPlayer1.settings.volume = WindowsMediaPlayer1.settings.volume - 100
End Sub

Private Sub Command8_Click()
WindowsMediaPlayer1.settings.volume = WindowsMediaPlayer1.settings.volume - 10
End Sub

Private Sub Command9_Click()
WindowsMediaPlayer1.settings.volume = WindowsMediaPlayer1.settings.volume + 10
End Sub

WindowsMediaPlayer1.URL  CommonDialog1.FileName kode program ini untuk memulai kembali atau play ulang video ataupun mp3 yang kita play, potongan program ini dimasukan pada command button play. Jadi ketika kita klik play maka video akan diulang dari awal lagi dan tidak meneruskan dari pause atau bukan resume.
WindowsMediaPlayer1.Controls.play  kode program ini melakukan untuk memutar  dari terakhir atau menit terakhir kita play atau resume, potongan program diatas dimasukan pada command button resume sehingga jika video di stop dan untuk melanjutkan tanpa diulang dari awal tinggal klik resume.
WindowsMediaPlayer1.Controls.stop kode program ini melakukan perintah stop atau memberhentikan video yang diputar, kode diatas dimasukan di command button stop dengan klik stop maka video akan berhenti dan kembali ke awal.
WindowsMediaPlayer1.Controls.pause  kode program ini fungsinya sama seperti diatas/ WindowsMediaPlayer1.Controls.stop bedanya pada kode program ini video yang di stop tidak kembali dari awal dan bisa dilanjutkan dengan klik resume.
WindowsMediaPlayer1.settings.volume = WindowsMediaPlayer1.settings.volume – 100 kode program ini untuk menonaktifkan suara ketika kita klik mute maka tidak akan ada suara yaitu 0.
WindowsMediaPlayer1.settings.volume = WindowsMediaPlayer1.settings.volume + 10 kode program ini melakukan perintah untuk menambahkan persenan suara, ketika kita klik command ini maka  suara akan bertambah dan bertambah sebanyak 10 karena kita masukan 10 pada kodingan diatas.
WindowsMediaPlayer1.settings.volume = WindowsMediaPlayer1.settings.volume – 10 kode program ini melakukan perintah untuk mengurangi persenan suara, ketika kita klik command ini maka  suara akan berkurang, dan berkurangh sebanyak 10 karena kita masukan 10 pada kodingan diatas.

maka outputnya seperti ini :


Semoga bermanfaat...

2 komentar: