Minggu, 03 Mei 2015

Program Stopwatch Visual Basic

hallo blogger kali ini saya akan menjelaskan tentang Membuat sebuah program dengan menggunakan Timer pada Visual Basic. Yaitu membuat program Stopwatch

Timer pada visual basic adalah komponen yang digunakan untuk melakukan perintah berdasarkan waktu tertentu, atau digunakan untuk mengerakan data atau menghitung data secara otomatis atau membuat jam yang berjalan. Intinya timer adalah digunakan sebagai pengatur waktu.

Untuk membuat program stopwatch ini pertama-tama kita membuat desain form sepeti pada gambar berikut:




Cara membuat desain form di atas yaitu dengan menggunakan label, command buuton dan juga timer. Dan untuk merubah nama yaitu dengan menggunakan menu properties lalu pilih caption dan ganti nama/caption dengan stop, start, dan resume .

Kemudian ketikkan atau buat kodingan/listing program dengan cara kli 2x pada icom timer.

Private Sub Command1_Click()
Timer1.Enabled = True

End Sub

Private Sub Command2_Click()
Label1.Caption = 0
Label2.Caption = 0
Timer1.Enabled = True

End Sub

Private Sub Command3_Click()
Timer1.Enabled = False

End Sub

Private Sub Timer1_Timer()

Label1.Caption = Label1.Caption + 1
If Label1.Caption = 60 Then
Label1.Caption = 0
Label2.Caption = Label2.Caption + 1

End If
End Sub

Logika Program:
  • Pada “ Timer1.Enabled =  True/False “ disitu terdapat Enabled yang berfungsi untuk menjalankan (true) atau memberhentikan (false) timer. Jadi ketika fungsi Enabled (True) maka timer akan berjalan dan timer tidak akan berjalan ketika kondisi Enabled pada kodingan bernilai (false). Contoh nilai true misalnya terdapat pada command 1 dan 2 jadi pada command 1 dan 2 program timer akan berjalan, berbeda dengan pada command 3 Enablednya bernilai false sehingga timer tidak berjalan yaitu pada form stop yang memang difungsikan untuk menyetop perhitungan waktu.

Setelah kita mengetikan listing program diatas maka akan menghasilkan output seperti gambar berikut :



Timer akan melakukan perhitungan waktu sebanyak 60 kali karena pada kodingan kita memasukan nilai 60 sebagai jumlah perhitungannya.
Selain itu juga terdapat interval pada properties yaitu berfungsi sebagai interval waktu dalam satuan mili detik, sehingga jika interval yang mita masukan lebih kecil maka perhitungan waktu akan menjadi cepat . ketika form stop di klik maka perhitungan akan berhenti dan untuk melanjutkannya dengan klik form resume.

semoga bermanfaat.....











Tidak ada komentar:

Posting Komentar